Hai, Selamat Datang di Daebak!

Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah dengan Bahan Alami

Daebak.eu.org - Flek hitam atau hiperpigmentasi terjadi ketika kulit Anda terlalu banyak produk melanin. Ini bentuk bintik-bintik atau patch pada kulit anda yang lebih gelap dari daerah-daerah sekitarnya.

Bintik-bintik ini biasanya muncul di wajah Anda, kaki, dan lengan. Mereka juga bisa muncul sebagai akibat paparan berlebihan terhadap sinar matahari. Mereka biasanya tidak berbahaya, tapi dalam beberapa kasus, mereka mungkin merupakan tanda dari kondisi kulit yang mendasari.

Artikel ini menyebutkan cara-cara alami serta pilihan pengobatan medis yang mungkin membantu dalam lightening gelap bintik.

Faktor yang mungkin berkontribusi terhadap flek hitam termasuk:

  • Paparan ke puncak sinar matahari setiap hari dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik gelap pada kulit anda. Hal ini karena meningkatkan produksi melanin pada permukaan kulit anda.
  • Ketidakseimbangan hormon juga bisa menyebabkan hiperpigmentasi. Ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan penampilan gelap bintik-bintik di kulit anda.
  • Obat-obatan tertentu seperti obat anti peradangan (NSAID), obat psikotropika, atau tetracyclines bisa meningkatkan produksi melanin. Hal ini dapat mengakibatkan tempat-tempat gelap.


Flek hitam dapat diklasifikasikan berbeda jenis, tergantung pada bagaimana mereka disebabkan.

Tipe Flek Hitam

  • Melasma-itu disebabkan oleh perubahan hormon dan lebih menonjol selama kehamilan atau menopause.
  • Lentigines-mereka disebabkan oleh kelebihan sinar matahari dan lebih umum di usia tua (lebih dari 60 tahun).
  • Paska-inflamasi hiperpigmentasi-itu disebabkan oleh kondisi kulit seperti jerawat, luka bakar, dll.
  • Kadang, jerawat juga bisa menyebabkan bintik di kulitmu. Bintik-bintik ini biasanya terbentuk ketika sebum teroksidasi, dan mereka tidak menunjukkan kerusakan kulit.


Flek Hitam dapat mengambil beberapa saat untuk memudar atau menghilang, dan, dalam beberapa kasus, Anda mungkin harus berkonsultasi dengan dokter kulit anda. Berikut adalah beberapa obat alami untuk meringankan bintik-bintik gelap.

Cara Alami Untuk Menghilangkan Flek Hitam:


1. Jus Lemon
Lemon adalah sumber kaya flavonoid dan antioksidan lainnya, yang dapat membantu meringankan bintik-bintik gelap pada wajahmu.

Kau butuh satu sendok teh jus lemon, air dan kapas. Campur jus lemon dan air. Celupkan kapas dalam larutan dan menerapkannya ke area yang terkena. Biarkan selama 20-30 menit. Siram dengan air. Anda dapat melakukan hal ini sekali sehari-hari.

Jus Lemon bisa menyebabkan sensasi menyengat pada beberapa jenis kulit. Jika kau alergi dengan jus lemon, kau harus menghindari obat ini. Jika Anda menggunakan obat ini, pastikan Anda menerapkan tabir surya sebelum keluar.

2. Parsley
Parsley menunjukkan properti kulit-lightening karena kaya di vitamin C. Ini dapat membantu mengobati bintik-bintik gelap dan kondisi serupa lainnya, termasuk epidermal melasma.

Apa yang harus dilakukan: Anda akan membutuhkan tabloid 1-2 dari daun parsley dan steril bantalan kapas. Gabungkan daun parsley di blender. Menerapkan campuran ke seluruh wajah. Biarkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air. Lakukan ini sekali sehari atau setiap hari.

3. Lidah Buaya
Lidah buaya terbang tinggi-tinggi, senyawa dengan efek melanocytic yang dapat membantu menggambarkan tempat-tempat gelap.

Kau perlu Balinese vera gel dan bantalan katun. Ekstrak gel dari vera leaf. Menyapu gel menggunakan garpu. Mencelupkan kapas ke dalam gel yang dibawa dan menerapkannya ke daerah yang terkena. Biarkan selama 20-30 menit sebelum rinsing. Anda dapat melakukan ini sekali sehari-hari untuk hasil yang terbaik.

4. Kulit Jeruk
Kulit jeruk mengandung hesperidin, senyawa flavonoid kuat yang memiliki efek kulit ringan. Ini mungkin membantu menghilangkan bintik-bintik gelap pada kulitmu.

Kau butuh setengah sendok teh bubuk kulit jeruk kering, air dan pad kapas. Campur beberapa tetes air dengan bubuk kulit jeruk kering. Terapkan campuran ke daerah yang terpengaruh menggunakan kapas. Biarkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air. Anda dapat melakukan hal ini sekali sehari-hari.

5. Turmeric
Turmeric mengandung curcumin, antioksidan dengan efek anti-melanogenik. Ini dapat membantu meringankan bintik-bintik gelap.

Kau butuh satu sendok teh turmeric, air, dan bantalan kapas. Campur bubuk kunyit dengan beberapa tetes air untuk membentuk pasta tebal. Menerapkan campuran ke daerah yang terpengaruh. Biarkan selama 20-30 menit. Siram dengan air. Anda dapat melakukan hal ini sekali sehari-hari.

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap pasta kunyit. Jika kau alergi terhadap turmeric, kau harus menghindari obat ini.

6. Mentimun
Mentimun adalah sumber yang kaya antioksidan senyawa yang kaya kulit yang memiliki sifat keringanan. Hal ini dapat membantu meminimalkan munculnya bintik-bintik gelap.


Apa yang harus dilakukan: mengambil mentimun segar dan berbaur. Terapkan pasta ini di daerah dengan bintik-bintik gelap. Biarkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air. Anda dapat melakukan ini 1-2 kali sehari.

Gunakan setiap atau kombinasi obat-obatan ini untuk meringankan titik gelap keras kepala. Kalau kau berurusan dengan masalah hiperpigmentasi (atau bercak hitam), kau harus berkonsultasi dengan dokter kulit.

Bagaimana Dokter Kulit Menangani Flek Hitam?

Pilihan pengobatan umum termasuk:

  • Terapi Laser, yang menggunakan sinar laser untuk target deposisi melanin dan memudar bercak gelap.
  • Kulit yang menyebabkan pengupas lapisan permukaannya, sehingga membantu meringankan bintik-bintik gelap.
  • Mikrodermabrusi, yang menghilangkan lapisan terluar dari kulit menggunakan perangkat khusus untuk mempromosikan pertumbuhan kolagen dan mengurangi bintik-bintik gelap.

 

Tip Pencegahan

Selalu memakai tabir surya dengan SPF 40 atau di atas sebelum melangkah keluar di bawah sinar matahari. Muncul kembali setiap empat jam dalam kasus matahari berlanjut.
Pakai kacamata hitam atau topi lebar untuk melindungi wajahmu dari sinar matahari yang berbahaya.
Mengobati kondisi kulit inflamasi seperti jerawat, eksema, atau psoriasis segera untuk mencegah pengembangan bintik-bintik gelap pada kulit.
Hindari akan keluar antara pukul 10 pagi dan 4 sore, ketika sinar matahari yang paling intens.
Tips ini dapat melengkapi obat dan memberi Anda hasil yang lebih baik.

Tempat gelap biasanya tidak berbahaya dan memudar sendiri. Namun, jika Anda ingin mempercepat proses, Anda dapat menggunakan salah satu obat yang terdaftar dalam artikel ini. Ingat, obat alami memakan waktu, dan efektivitas obat tergantung pada penyebab bintik-bintik gelap dan keparahan kondisi. Tetapi jika Anda tidak melihat setiap perbaikan dalam kondisi anda, mencari bantuan medis segera.

Post a Comment

© Daebak!. All rights reserved. Distributed by Pixabin